Persyaratan utama untuk bisnis adalah meminta konsumen menggunakan produk . Sedikit atau banyak, yang penting ada konsumen, sehingga bisa disebut bisnis.

Namun, kembali lagi, kadang-kadang setiap kali kita memulai bisnis kita sering lupa untuk mendefinisikan target pasar kita secara rinci. Ketika kami mendapatkan pertanyaan tentang siapa pasar untuk bisnis kami, kami sering menjawab, produk saya untuk semua orang.

Konsumen harus spesifik dan tepat sasaran. Tidak cocok ketika kita menjual popok bayi, targetnya adalah semua orang di berbagai kalangan. Oleh karena itu Anda perlu riset market dahulu sebelum mulai berbisnis.

Ada tiga poin penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan siapa target pasar kita.

  • Menampilkan Data – Data

Sebelum menentukan target pasar, coba lihat datanya. Ini bisa dalam bentuk populasi, usia, jenis kelamin, pekerjaan, hingga status sosial atau pribadi. Anda dapat menggunakan semua data untuk menemukan detail selengkapnya tentang potensi setiap segmen.

Data penting untuk Anda sebelum memulai bisnis. Anda dapat menggunakannya untuk membuat strategi dan menentukan target pasar secara rinci. Sehingga kegiatan pemasaran yang dijalankan bisnis Anda dapat berjalan dengan baik dan efisien.

  • Menghitung Jumlah Permintaan

Setelah melihat data segmen pasar potensial yang akan Anda targetkan. Selanjutnya adalah Anda wajib mencari tahu berapa banyak kemungkinan permintaan yang akan terjadi pada segmen pasar itu.

Cara mengetahui permintaan ini bisa melalui pengamatan apakah ada bisnis yang berjalan di segmen pasar ini. Apakah permintaan terjadi dalam waktu tertentu atau apakah permintaan selalu meningkat setiap bulan.

  • Lakukan Validasi

Anda terus memvalidasinya hari demi hari, memastikan segmen yang Anda targetkan benar-benar memiliki potensi permintaan tinggi. Validasi dengan cara Anda menawarkannya ke segmen pasar target Anda.

Kemudian hitung permintaan dari segmen tersebut dengan jumlah penjualan yang bisa didapatkan.

Jika Anda telah menjual produk Anda berdasarkan data dari konsumen target Anda dengan sejumlah permintaan yang tidak jauh berbeda dari prediksi di awal, maka Anda telah menemukan target konsumen yang tepat.

Ketika Anda telah menemukannya, Anda dapat memanfaatkan sebaik mungkin demi berkembangnya bisnis Anda.

Tiga cara yang bisa Anda coba untuk jadi lebih mudah & cepat menentukan siapa yang menjadi target pembeli untuk bisnis Anda. Semoga pertarunganmu menyenangkan.

Published On: November 20th, 2020 / Categories: Blog, Digital Marketing /

Subscribe To Receive The Latest News

Curabitur ac leo nunc. Vestibulum et mauris vel ante finibus maximus.

[fusion_form form_post_id=”2675″ hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” /]

Add notice about your Privacy Policy here.